Cara Untuk Menjadi Animator 3D

Cara Untuk Menjadi Animator 3D

Menjadi animator 3D profesional bukanlah sesuatu yang biasanya, seperti profesi atau karier, dicapai hanya dalam beberapa minggu, bulan, atau bahkan bertahun-tahun. Ini adalah jalur karir yang membutuhkan banyak cinta dan dedikasi untuk bentuk seni, tetapi jika Anda menyukainya maka itu akan sangat berharga. Anda akan mengetahui dengan sangat cepat jika animasi karakter adalah sesuatu yang ingin Anda kejar; terkadang membuat frustrasi, membingungkan dan, di atas segalanya, sulit. Tapi itu juga bisa menjadi bentuk seni yang paling bermanfaat, karena Anda bisa menjadi orang yang menghembuskan kehidupan ke dalam karakter Anda dan menjadikan ide Anda kenyataan untuk dinikmati orang lain. Jika Anda memiliki hasrat untuk itu, tidak ada yang bisa menahan Anda. Artikel ini akan memberi Anda pemahaman tentang apa yang diperlukan untuk menjadi animator 3D, serta langkah-langkah untuk membawa Anda ke sana dengan sukses.

Pekerjaan Animator 3D

Pekerjaan Animator 3D
Tugas seorang animator 3D adalah menghidupkan objek 3D yang tidak hidup melalui gerakan. Terserah Anda, sebagai animator, untuk membuat benda-benda ini terasa hidup dan bernafas. Animator 3D dapat ditemukan dalam segala hal mulai dari video game, film, televisi, dan iklan. Jika ada elemen 3D, kemungkinan ada animator 3D di sana untuk menghidupkannya. Beberapa contoh hebat animasi 3D ada di hampir setiap film animasi 3D tunggal sejak Toy Story. Karakter-karakter itu hanya data komputer, tetapi Anda tidak akan mempercayainya ketika menontonnya bukan? Bagi siapa pun yang menonton, karakter-karakter itu hidup dan berpikir. Adalah tugas animator untuk membuat penonton lupa bahwa objek 3D ini sebenarnya tidak nyata. Anda dapat menganggap animator 3D sebagai dalang yang menarik dawai.

Karakteristik Animator 3D

Karakteristik Animator 3D
Animator perlu bersabar. Seperti yang disebutkan sebelumnya, animasi bukanlah sesuatu yang dipelajari dalam semalam; dapat memakan waktu satu tahun atau bahkan lebih lama sebelum Anda benar-benar dapat mulai mendapatkan daging untuk itu. Jadi bersabarlah dengan diri Anda dan dengan proses animasi secara keseluruhan. Animasi membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dipelajari, dan juga membutuhkan waktu yang sangat lama untuk melakukannya dengan baik. Anda mungkin mengerjakan animasi berdurasi sepuluh detik tunggal selama berminggu-minggu, tetapi sering kali itu yang diperlukan untuk membuat animasi yang hebat. Seharusnya tidak pernah terburu-buru. Pernahkah Anda berada di luar dan memperhatikan seseorang berjalan dengan cara yang paling unik? Tentu, semua orang berjalan berbeda, tetapi orang ini mungkin memiliki langkah tertentu dalam perjalanan mereka yang membuatnya jauh lebih menarik. Jika demikian, maka itu bagus! Karena animator harus selalu menikmati belajar kehidupan. Lagipula, animator harus menghidupkan objek 3D. Cara terbaik untuk mendapatkan inspirasi adalah dengan mempelajari kehidupan nyata. Animator sering melihat dunia jauh berbeda dari orang kebanyakan. Misalnya, jika seorang animator melihat seseorang yang menarik mengantri di film, mereka mungkin mencatat semua hal tentang mereka mulai dari postur mereka, gerakan mereka hingga cara mereka berbicara. Sedangkan seseorang yang tidak terbiasa dengan animasi mungkin bahkan tidak akan melirik mereka. Animator benar-benar masih anak-anak di hati. Apakah mereka menjiwai perkelahian antara dua Transformers atau menjiwai Spider-Man dalam film terbaru, para animator dapat membuat gerakan unik yang mungkin ada dalam pikiran mereka sejak mereka masih muda. Walaupun animasi itu sulit, itu sangat menyenangkan dan seringkali mengharuskan Anda menemukan anak batin Anda lagi. Jika Anda pernah menemukan diri Anda bermain pedang dengan keponakan Anda yang lebih muda dan menyadari bahwa Anda menikmatinya lebih dari mereka, maka Anda mungkin memiliki potongan animasi!

Keterampilan Teknis Animator 3D

Keterampilan Teknis Animator 3D
Ketika datang ke animasi 3D, penting untuk memiliki keterampilan teknis. Tentu saja, komputer tidak membuat animasi yang hebat secara otomatis; animator tidak. Meskipun begitu, Anda masih akan berada dalam perangkat lunak animasi yang rumit seperti Maya, jadi Anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari perangkat lunak tersebut. Meskipun aplikasi 3D hanyalah alat untuk Anda hidupkan, Anda masih perlu belajar cara menggunakan alat itu, karena perangkat lunak seperti Maya lebih kompleks daripada pensil dan kertas. Tempat yang bagus untuk memulai adalah dengan tutorial animasi pengantar seperti Pengantar Animasi di Maya atau Pengantar Animasi dalam 3ds Max. Dengan tutorial ini, Anda dapat bangun dan berjalan dan merasa nyaman dengan perangkat lunak sehingga Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk menjiwai.

Ketahui Jalur Anda

Ketahui Jalur Anda
Mengetahui jalan yang ingin Anda tempuh sangat penting. Apakah Anda ingin bekerja di film animasi seperti Pixar dan DreamWorks? Apakah Anda ingin mengerjakan film seperti Transformers dan Avengers? Atau mungkin Anda ingin masuk ke dalam game? Apa pun masalahnya, Anda harus tahu tujuan akhir Anda. Setiap industri biasanya mencari gaya animasi yang berbeda. Yang sedang berkata, Anda juga tidak ingin memulai dengan hanya menghidupkan adegan pertarungan besar karena Anda ingin bekerja pada Transformers. Alih-alih, Anda harus mempelajari dasar-dasar animasi, dan kemudian Anda dapat melayani demo reel Anda untuk berbagai jenis pekerjaan ini ketika keterampilan Anda naik ke tingkat itu.

Ketahui Tempat Memulai

Ketahui Tempat Memulai
Baik Anda ingin bekerja di film atau game, memulai dengan dasar-dasarnya adalah langkah paling penting. Dapatkan setiap buku tentang animasi yang dapat Anda temukan, The Illusion of Life, Timing untuk Animasi, The Animator’s Survival Kit.┬áIni semua buku yang dibuat untuk animasi 2D, tetapi masih berlaku untuk animasi 3D. Setiap buku mengajarkan dasar-dasar inti animasi dari para perintis yang menjadikannya sebuah bentuk seni yang menakjubkan. Pelajari ini berulang-ulang dan yang paling penting pelajari 12 prinsip animasi, yang merupakan teknik inti untuk membuat animasi yang hebat.

Pelajari Keterampilan Komunikasi Yang Baik

Jika Anda siap untuk mengambil langkah berikutnya untuk menjadi Animator 3D, Anda dapat mulai dengan tutorial hebat di bawah ini untuk memulai Anda di arah yang benar. Dengan jalur pembelajaran, Anda dapat mulai dengan dasar-dasar memahami perangkat lunak dan beralih ke kursus animasi lanjutan. Animasi Karakter di Maya Learning Path Animation in 3ds Max Learning Path Animation di Softimage Learning Path (Omong-omong, Autodesk tidak lagi merilis versi baru Softimage) Cara hebat lainnya untuk meningkatkan keterampilan Anda adalah dengan menemukan komunitas untuk berbagi pekerjaan Anda dan menemukan animator lain seperti Anda. Salah satu cara terbaik untuk belajar adalah mendapatkan umpan balik tentang pekerjaan Anda. Mungkin sulit untuk mendapatkan kritik konstruktif pada awalnya, tetapi semakin Anda melakukannya semakin Anda akan terbiasa, dan Anda akan segera melihat betapa bermanfaatnya mendorong keterampilan Anda lebih lanjut. Tempat yang bagus untuk melakukan ini adalah dengan situs animasi seperti youanimator.com yang merupakan situs web komunitas yang dirancang oleh animator untuk tujuan tunggal memberikan umpan balik yang membangun. Anda dapat mengunggah animasi ke situs dan animator lain, seperti Anda, dapat memberikan kritik pada bidikan Anda dengan menggambar langsung di atas video. Hal yang hebat tentang situs ini adalah Anda juga harus memberikan kritik terhadap pekerjaan orang lain untuk menerima umpan balik atas pekerjaan Anda sendiri. Ini bermanfaat karena Anda akan mulai memperhatikan area masalah dalam pekerjaan Anda sendiri dengan memberikan umpan balik pada bidikan animator lain. Anda juga dapat memposting karya animasi Anda langsung di forum Digital-Tutor untuk mendapatkan umpan balik yang bermanfaat dari artis lain.

Belajar Bertindak

Belajar Bertindak
Animator pada dasarnya adalah aktor; Terserah Anda untuk membuat semua gerakan untuk karakter. Jadi belajar bertindak adalah yang terpenting. Ini tidak berarti Anda harus bergabung dengan kelas akting. Tentu saja, itu akan bermanfaat, tetapi Anda dapat belajar akting melalui buku dan film. Sebagai seorang animator, Anda biasanya akan diberi garis dialog sederhana, dan Anda harus membuat semua tindakan dan gerakan yang akan diambil oleh karakter. Anda harus tampil dengan akting, dan emosi Anda sendiri akan terlihat melalui karakter. Jika Anda memiliki keterampilan akting yang buruk, itu akan diterjemahkan menjadi animasi yang buruk. Anda dapat melihat tutorial Animating Scene Dialog in Maya yang sangat berguna ini untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana akting memengaruhi pilihan animasi Anda.

Pelajari Mekanika Tubuh

Hal penting lain yang perlu Anda kuasai adalah mekanika tubuh. Untuk membuat animasi yang dapat dipercaya, Anda perlu memahami bagaimana tubuh manusia bergerak, serta bagaimana hewan bergerak. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah pergi keluar dan merekam referensi video. Bagaimana seseorang mengayunkan lengannya saat berjalan? Kapan pergeseran berat terjadi dalam pelarian? Memiliki pemahaman tentang prinsip-prinsip dunia nyata ini akan memastikan bahwa animasi Anda dapat dipercaya. Anda harus membangun seluruh pustaka referensi yang bisa Anda tarik saat mengerjakan animasi berikutnya. Berikut ini adalah beberapa tutorial mendalam yang akan mengajarkan Anda langkah demi langkah cara menghidupkan mekanisme bidikan tubuh yang kompleks sehingga Anda dapat mempelajari cara menerapkan prinsip-prinsip dunia nyata ke dalam animasi Anda sendiri. Membuat Cycle Walk di Maya, Mekanika Tubuh dan Animasi di Maya: Menarik Objek, dan Membuat Run Cycles dalam 3ds Max.

Pelajari Keterampilan Komunikasi Yang Baik

Sebagai seorang animator, Anda akan memerlukan keterampilan komunikasi yang baik saat Anda bekerja dengan banyak departemen berbeda. Membuat film, komersial, atau game adalah upaya yang sangat kolaboratif. Anda harus dapat mengomunikasikan keprihatinan dan gagasan Anda dengan jelas kepada rekan-rekan Anda. Misalnya, Anda mungkin bekerja dengan tim animator yang ditugaskan untuk menjiwai beberapa sekuens bersama-sama. Anda harus mengomunikasikan bagaimana masing-masing tembakan akan diterjemahkan ke yang berikutnya untuk membuatnya menjadi satu dan terasa seperti seluruh rangkaian animasi oleh satu orang. Sementara membuat animasi adalah pekerjaan satu animator, proses produksi adalah upaya tim.

Berlatih, Berlatih, Berlatih

Berlatih, Berlatih, Berlatih
Untuk menjadi animator yangsukses, itu benar-benar bermula dari latihan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, animasi bukanlah sesuatu yang dipelajari dalam semalam. Ini bisa dibilang salah satu aspek paling sulit dalam pipa 3D. Ini akan membutuhkan banyak percobaan dan kesalahan dan kemungkinan besar frustrasi. Anda mungkin pernah mendengar sebelumnya bahwa dibutuhkan ribuan gambar buruk untuk sampai ke gambar bagus itu. Hal yang sama berlaku untuk animasi. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan hanyalah berlatih. Berlatih menerapkan prinsip-prinsip animasi berulang-ulang dan selalu menemukan cara untuk mendorong diri Anda lebih jauh.

Paksa dirimu

Sebagai seorang animator, Anda harus memiliki kemauan untuk belajar dan bersemangat untuk belajar hal-hal baru juga. Animasi tidak pernah menjadi sesuatu yang benar-benar dikuasai; selalu ada hal baru untuk ditemukan. Tidak pernah baik menjadi puas diri. Temukan cara baru untuk meningkatkan keterampilan Anda, apakah itu menggerakkan jenis makhluk yang belum pernah Anda coba sebelumnya atau melakukan pukulan akting yang lebih halus yang tidak biasa Anda lakukan.

Dapatkan Pengalaman

Pekerjaan atau tujuan impian Anda mungkin untuk bekerja di studio seperti Pixar atau Infinity Ward, tetapi itu tidak berarti Anda harus bertahan sampai Anda tiba di sana. Hanya karena studio yang tertarik pada Anda bukan Pixar, bukan berarti Anda tidak boleh bekerja di sana. Setiap pengalaman yang bisa Anda dapatkan adalah pengalaman yang baik. Tentu, itu mungkin bukan pekerjaan impian Anda yang sebenarnya, tetapi Anda menjiwai dan meningkatkan keterampilan Anda. Semakin banyak pengalaman kerja yang Anda dapatkan akan membuat Anda jauh lebih menarik bagi studio yang lebih besar.

Tingkatkan Harapan Anda dan Melebihi Semua Orang Lain

Penting untuk diingat bahwa Anda mungkin tidak mendapatkan foto yang paling menakjubkan di pekerjaan pertama Anda. Anda mungkin harus membuktikan diri. Jadi, rela mengambil risiko apa pun, sekecil apa pun itu. Pengawas animasi akan ingin melihat bagaimana Anda menangani diri sendiri dan seberapa baik Anda melakukannya pada bidikan yang lebih sederhana ini sebelum memberi Anda yang lebih rumit. Misalnya, animasi pertama Anda di studio mungkin berupa klip 24 bingkai kecil cepat dari sesuatu seperti tangan membuka pintu atau karakter berputar untuk melihat sesuatu yang lain. Ya, mereka mungkin bukan animasi yang akan ditonton penonton, seperti tembakan di mana Anda perlu menghidupkan robot pertempuran, tetapi Anda perlu mendekati setiap tembakan yang Anda lakukan seperti itu. Jangan melihat animasi atau tembakan yang diberikan animator berpengalaman kepada orang-orang baru sehingga mereka tidak harus melakukannya dengan membosankan. Mendekatinya seperti itu bidikan paling penting dalam film. Untuk setiap pukulan yang Anda lakukan, pengawas akan melihat keinginan dan keterampilan Anda. Akhirnya, bidikan yang lebih kompleks dan menarik akan dikirimkan kepada Anda, tetapi kemungkinan besar tidak langsung gagal. Anda juga harus ingat bahwa ketika Anda mulai menjiwai secara profesional, Anda tidak menjiwai untuk diri sendiri lagi. Ketika Anda belajar, Anda menghidupkan tembakan Anda sendiri, ide-ide Anda sendiri. Ketika Anda mulai bekerja di studio, terutama di film, Anda menjiwai sutradara sekarang. Anda menghidupkan proyek mereka dan terserah pada Anda untuk membuat ide dan visi mereka menjadi kenyataan. Itu bukan untuk mengatakan Anda tidak harus membawa ide-ide Anda sendiri ke meja, karena Anda akan, tetapi Anda harus dapat menerima umpan balik dan kritik dengan baik. Jika sutradara tidak menyukai salah satu dari pilihan Anda dan memberitahu Anda untuk pergi ke arah yang berbeda, kemungkinan Anda harus melakukannya. Animasi adalah jalan yang sangat menyenangkan dan menantang. Sekarang setelah Anda memahami apa yang diperlukan untuk menjadi animator 3D yang sukses, terserah Anda untuk mengambil langkah berikutnya. Bergabunglah dengan komunitas untuk berbagi pekerjaan Anda dengan animator lain dan mulai belajar dengan banyak tutorial animasi 3D yang tersedia, termasuk tutorial animasi Maya, tutorial animasi 3ds Max dan tutorial animasi CINEMA 4D. Jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh saran lebih lanjut, bagikan komentar di bawah.

This entry was posted in Info. Bookmark the permalink.